Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Bitcoin tersedia dari berbagai bursa atau exchange dan dapat dibeli dengan uang tunai, transfer kartu kredit dan debit atau bahkan dengan cryptocurrency lainnya.

Cara paling sederhana untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan membelinya. Bitcoin tersedia dari berbagai bursa atau exchange dan dapat dibeli dengan uang tunai, transfer kartu kredit dan debit atau bahkan dengan cryptocurrency lainnya.

Tapi pertama-tama, Anda membutuhkan dompet Bitcoin, maka dari itu Anda harus membuat akun di bursa pertukaran tersebut dan melakukan prosedur KYC.

Di Indonesia ada beberapa exchange cryptocurrency untuk membeli bitcoin dan aset kripto lainnya.

Bitcoin

Tempat jual beli mata aset digital sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2 tipe yaitu Exchange (Memiliki order book) dan OTC (Over-The-Counter) yang tidak memiliki order book.

Kedua tipe ini sama-sama merupakan tempat penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli mata aset digital namun perbedaannya terdapat pada harga yang ditawarkan.

Harga di Exchange cenderung lebih mengikuti pergerakan harga global sedangkan harga pada OTC cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan harga Exchange karena harga mata aset digital ditentukan langsung oleh pihak penjual tanpa mengikuti pergerakan harga global.

Hal ini tentu memberikan peluang arbitase untuk para trader.  Selain itu perbedaan utama adalah terdapatnya order book pada exchange untuk setiap cryptocurrency yang diperdagangkan.

8 Situs terbaik tempat beli Bitcoin

Berikut adalah daftar exchange dan OTC cryptocurrency terpopuler di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan ketika ingin mulai membeli aset digital.

Indodax.com (Exchange)

Indodax (awalnya bernama bitcoin.co.id) merupakan exchange pioneer di Indonesia dengan jumlah member terbanyak hingga saat ini. Pada awalnya Indodax hanya menyediakan BTC sebagai cryptocurrency yang dapat dibeli dengan IDR namun seiring dengan berjalannya waktu Indodax sudah memiliki lebih dari 30 jenis cryptocurrency yang dapat diperdagangkan.

Kelebihan:

  • Exchange pioneer di Indonesia (awalnya bernama bitcoin.co.id)
  • Jumlah aset digital yang diperdagangkan sudah lebih dari 30 jenis
  • Exchange dengan jumlah member terbanyak (1,4 juta)
  • Tersedia pair IDR dan BTC
  • Memiliki mobile apps yang user-friendly

Triv.co.id (OTC)

Exchange yang satu ini cukup berbeda bila dibandingkan dengan exchange lainnya karena produk yang ditawarkan tidak hanya cryptocurrency saja tapi juga e-money lainnya seperti Paypal dan OK Pal bahkan Anda juga bisa membeli pulsa hingga membeli token listrik di Triv.

Kelebihan:

  • Terdapat E-currency lainnya selain cryptocurrency
  • Produk digital seperti pulsa hingga token listrik tersedia
  • Memudahkan UKM untuk menerima pembayaran dari berbagai E-currency dan cryptocurrency
  • Terhubung ke 100 bank di Indonesia secara real-time
  • Penarikan tanpa batas limit

Tokenomy.com (Exchange)

Jika exchange lainnya tidak memiliki bisnis lain selain exchange itu sendiri maka Tokenomy merupakan exchange yang agak berbeda karena Tokenomy sendiri terdiri dari 2 model bisnis yaitu exchange dan launchpad untuk setiap project blockchain.

Kelebihan:

  • Hanya memfasilitasi pair dengan cryptocurrency (Crypto to Crypto exchange)
  • Login dapat menggunakan akun Indodax
  • Tipe koin/token yang diperdagangkan cenderung unik atau jarang ditemui pada exchange di Indonesia
  • Memiliki mobile apps yang user-friendly
  • Menawarkan benefit khusus jika memiliki TEN
  • Memiliki fitur Live Chat Customer Service

Luno.com (Exchange)

Exchange yang satu ini sudah melebarkan sayapnya ke beberapa negara yang bonafit seperti Singapore dan London. Selain exchange. Luno juga menawarkan beberapa product diantaranya Luno Wallet, Luno Exchange dan Luno API.

Kelebihan:

  • Memiliki cabang di beberapa negara seperti Singapore hingga Eropa
  • Pairing menggunakan FIAT dari negara-negara tempat Luno beroperasi
  • Harga dan order book dapat dilihat tanpa harus login terlebih dahulu

Nusax.co.id (Exchange)

Selain menjadi tempat exchange bagi para trader cyrptocurrency, Nusax juga memiliki tempat mining tersendiri yang bisa diakses di nusapool.com. Dengan ada nya merger antara Nusax exchange dan Nusapool maka diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dari penambang crypto dan trader crypto.

Kelebihan:

  • Menawarkan 3 tipe pair yaitu IDR, BTC, dan ETH
  • Memiliki fitur Vote Coin untuk setiap coin-coin yang masuk kategori untuk listing di Nusax
  • Harga dan order book dapat dilihat tanpa harus login terlebih dahulu

Rekeningku.com (Exchange)

Exchange yang dikabarkan memiliki banyak member trader yang memiliki latar belakang trader saham dan forex ini memiliki cold storage yang menjadi nilai jual exchange ini bagi para investor. Hal ini tentu memberikan pertimbangan tersendiri bagi investor yang ingin uang nya 100% aman dari serangan hacker.

Kelebihan:

  • Memiliki cold storage tersendiri
  • Pairing menggunakan IDR
  • Menawarkan hingga 10 cryptocurrency untuk diperjualbelikan

Tokocrypto.com (OTC)

Dikarenakan Tokocrypto ini merupakan OTC yang menawarkan harga lebih tinggi dibandingkan dengan exchange maka Tokocrypto ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi setiap trader yang ingin melakukan arbit mata uang digital.

Kelebihan:

  • Harga yang ditawarkan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan exchange lainnya
  • Menawarkan Bitcoin dan Ethereum sebagai cryptocurrency yang di pairingkan dengan IDR

Digitalexchange.id (Exchange)

Siapa bilang kalau trading cryptocurrency tidak bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki skill technical analysis ataupun fundamental analysis? Digitalexchange.id yang dilengkapi dengan teknologi AI dan informasi arbit tentunya akan membuat para trader betah berlama-lama menyimpan aset digitalnya di sini.

Kelebihan:

  • Menggunakan teknologi Artificial Intelligence dalam memberikan sinyal beli ataupun jual aset digital kepada user
  • Memberikan informasi arbit terbaik kepada user

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara menambang. Hanya beberapa tahun yang lalu, siapa pun dengan komputer yang cukup kuat dapat menambang Bitcoin.

Popularitas BTC yang terus meningkat serta nilai tukarnya menyebabkan perusahaan-perusahaan besar memasuki permainan yang dipersenjatai dengan perangkat khusus penambangan, karenanya mengapa kesulitan dan energi yang diperlukan untuk menambang sejumlah Bitcoin yang berharga telah meroket.

Terlebih lagi, jumlah Bitcoin yang masih harus ditambang menurun secara konstan dan drastis.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Vaksin COVID-19 Dapat Ditemukan Lewat Blockchain

Duniablockchain.com - Saat ini para ilmuwan di seluruh dunia sedang berlomba-lomba untuk menemukan vaksin COVID-19. Berbagai teknologi...

Blockcain Dapat Atasi Krisis Akibat COVID-19

Duniablockchain.com - Krisis akibat COVID-19 sangat nyata dialami banyak negara di dunia. Pandemi COVID-19 telah berdampak bagi...

Bagaimana Teknologi Blockchain Memengaruhi Industri Perbankan?

teknologi blockchainDuniablockchain.com - Blockchain adalah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain kini telah dimanfaatkan oleh berbagai...

Mengapa Bitcoin Cash Diciptakan dan Apa Kelebihannya?

Bitcoin (BTC) menjadi semakin populer, namun waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi BTC menjadi semakin lama. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi...

Apa itu Ethereum? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Duniablockchain.com - Mengapa Ethereum menjadi cryptocurrency kedua paling populer setelah Bitcoin? Pada dasarnya Bitcoin merevolusi industri pembayaran, namun Ethereum memiliki motif yang...