Apa itu Ethereum? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Ethereum membantu developer yang ingin menggunakan teknologi blockchain untuk membangun dan menjalankan proyeknya menggunakan platform blockchain dari Ethereum.

Duniablockchain.com – Mengapa Ethereum menjadi cryptocurrency kedua paling populer setelah Bitcoin? Pada dasarnya Bitcoin merevolusi industri pembayaran, namun Ethereum memiliki motif yang berbeda.

Kalau kamu ingin tahu apa itu Ethereum, cara kerjanya, dan apa yang bisa dilakukan dengan Ethereum, artikel ini sangat cocok untuk kamu karena redaksi kami akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan membahas lebih jauh mengenai hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Ethereum dan elemen-elemen yang bersentuhan dengannya

Ethereum adalah platform global, terdesentralisasi untuk uang dan jenis aplikasi baru. Di Ethereum, kamu dapat menulis kode yang mengontrol uang, dan membangun aplikasi yang dapat diakses di mana saja di dunia.

Mengapa ethereum diciptakan? Mari kita mulai dengan sejarah pembuatannya.

Sejarah Ethereum

Ethereum adalah cryptocurrency paling populer kedua oleh marketcap, dikenal untuk kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi. Beberapa orang berpendapat Bitcoin lebih merupakan uang digital atau sekadar penyimpan nilai, sedangkan jaringan Ethereum adalah super komputer terdesentralisasi dan menawarkan lebih banyak kemampuan yang dapat diprogram daripada Bitcoin.

Mari selami sejarah Ethereum.

Ethereum

Pada 2012, di usia 17, Vitalik Buterin diperkenalkan ke Bitcoin oleh ayahnya dan menjadi sangat tertarik dengan teknologinya.

Vitalik mulai menulis untuk Bitcoin Magazine dan menyarankan perbaikan pada platform Bitcoin. Ketika sarannya ini tidak dilakukan, ia memutuskan untuk membuat cryptocurrency sendiri.

Vitalik Buterin datang dengan ide untuk mencoba pemrograman pada Bitcoin. Menjadi pengadopsi awal cryptocurrency dan teknologi blockchain sendiri, Vitalik bertujuan untuk membangun aplikasi terdesentralisasi – dikenal sebagai dapps, di atas Bitcoin Core.

Namun, ia menemukan fakta bahwa pemrograman pada Bitcoin dan jaringan itu sendiri tidak cukup untuk apa yang ia butuhkan untuk mengaktifkan dapps.

Dia mencari kondisi yang lebih baik untuk pengembangan dapps. Vitalik juga menginginkan bahasa pemrograman yang mudah dan luas digunakan. Kode dapp berjalan pada jaringan terdesentralisasi seperti Bitcoin atau Ethereum, sedangkan aplikasi “normal” berjalan di server terpusat, yang berpotensi dimanipulasi atau disensor.

BACA JUGA: Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui tentang XRP (Ripple)

Pada akhir 2013, Vitalik menerbitkan dan membagikan whitepaper Ethereum. Whitepaper berisi deskripsi rinci tentang alasan dan desain teknis untuk protokol dan arsitekturnya. Teknologi Ethereum memiliki potensi nyata untuk mengubah dunia.

Ethereum tidak menciptakan teknologi blockchain, Bitcoin yang menciptakannya, tetapi Ethereum mampu memanfaatkan dan meningkatkan teknologi tersebut dengan beberapa cara luar biasa. Jadi, apa itu blockchain Ethereum?

Ethereum: Blockchain 2.0 dan Penggunaannya

Blockchain Ethereum atau ‘Blockchain 2.0’, menggunakan teknologi serupa dengan Bitcoin, tetapi lebih canggih. Ini dapat melakukan lebih dari sekadar blockchain Bitcoin. Ini melakukan ini dalam dua cara utama;

Kontrak Cerdas

Blockchain Ethereum dirancang sehingga transaksi hanya dapat terjadi ketika kondisi tertentu terpenuhi. Aturan yang menentukan kondisi ini disebut ‘kontrak pintar’. Ini adalah bagian penting dari pertanyaan Ethereum.

Misalnya, bayangkan mesin penjual otomatis. Jika Peter menginginkan permen dari mesin penjual otomatis, ia membutuhkan cukup uang untuk membayarnya. Jika dia tidak punya cukup uang, dia tidak akan mendapatkan permennya. Kontrak cerdas untuk transaksi ini mungkin terlihat seperti ini;

JIKA Peter menaruh $ 1 di mesin penjual otomatis maka mesin penjual otomatis akan memberi Peter permen.

Setelah salah satu dari kontrak ini ditulis, itu tidak dapat diubah. Itu sebabnya mereka disebut transaksi ‘tanpa kepercayaan’. Kamu tidak perlu memercayai individu di jaringan – jika kondisi kontrak tidak terpenuhi, maka itu tidak akan terjadi.

Bayangkan itu! Jaringan global tanpa kepercayaan yang tidak pernah offline!

DApps

Aplikasi terdesentralisasi atau ‘dApps’ hanyalah aplikasi yang tidak berjalan di server pusat tradisional. Sebaliknya, mereka berjalan di blockchain – menggunakannya untuk mendesentralisasi server mereka.

DApps adalah inti dari desain Ethereum dan kepercayaannya. Pendiri Ethereum ingin agar pengguna mempelajari Ethereum dan membangunnya. Jadi bagian lain dari pertanyaan Ethereum adalah dApps.

Ethereum memiliki bahasa kode sendiri yang disebut Solidity. Soliditas digunakan untuk membangun dApps. Karena Soliditas seperti JavaScript (salah satu bahasa pemrograman paling umum), itu mendorong pengembang untuk membuat dApps baru dan menarik.

DApps ini dapat segera bersaing dengan (atau mengganti) aplikasi terpusat, dalam industri seperti media sosial, e-commerce, email, dan perbankan online. Ada kemungkinan tak terbatas untuk membangun dApps pada blockchain Ethereum.

Apa itu Ethereum?

Jadi setelah mengetahui mengenai beberapa hal penting di atas dapat diambil sebuah definisi bahwa Ethereum merupakan sebuah platform blockchain yang memungkinkan pengguna untuk membuat smart contract dan aplikasi terdesentralisasi.

Dengan kata lain. Ethereum membantu developer yang ingin menggunakan teknologi blockchain untuk membangun dan menjalankan proyeknya menggunakan platform blockchain dari Ethereum.

Ethereum menawarkan sebuah cara untuk menggunakan kekuatan internet tanpa harus mempercayai aplikasi seperti Facebook, Google atau bank online supaya orang tidak mengorbankan  informasi pribadinya.

Aplikasi seperti Facebook dan Google mengumpulkan dan menyimpan informasi dari jutaan pengguna mereka di server. Ini berarti bahwa data pengguna disimpan di sejumlah lokasi yang kecil (ini disebut sentralisasi).

Jika salah satu dari lokasi ini diretas, maka seperti yang pernah Facebook alami, sebanyak 14 juta data pengguna dicuri oleh seseorang.

Ethereum berfungsi dengan menghapus kebutuhan untuk mempercayai banyak aplikasi-aplikasi tersebut dengan informasi pribadi. Ini dilakukan secara desentralisasi menggunakan teknologi ‘blockchain’.

Setelah kita mengetahui apa itu Ethereum, mari kita bahas bagaimana cara kerja Ethereum!

Bagaimana Cara Kerja Ethereum

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara kerja Ethereum, maka kita harus mengerti terlebih dahulu perbedaan antara Ethereum dengan Ether. Ether adalah mata uang crypto (cryptocurrency) Ethereum.

Sementara Ethereum adalah sebuah platform berbasis blockchain yang menggunakan Ether sebagai mata uangnya.

Jika kamu ingin melakukan sesuatu pada sistem (Ethereum), kamu memerlukan beberapa Ether. Ether menggerakkan sistem Ethereum, dan sering disebut sebagai ‘gas’. Setiap transaksi di Ethereum membutuhkan sejumlah ‘gas’ untuk melakukan sebuah pekerjaan atau aktivitas.

Semakin besar pekerjaan atau aktivitasnya maka semakin banyak gas juga yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Vaksin COVID-19 Dapat Ditemukan Lewat Blockchain

Duniablockchain.com - Saat ini para ilmuwan di seluruh dunia sedang berlomba-lomba untuk menemukan vaksin COVID-19. Berbagai teknologi...

Blockcain Dapat Atasi Krisis Akibat COVID-19

Duniablockchain.com - Krisis akibat COVID-19 sangat nyata dialami banyak negara di dunia. Pandemi COVID-19 telah berdampak bagi...

Bagaimana Teknologi Blockchain Memengaruhi Industri Perbankan?

teknologi blockchainDuniablockchain.com - Blockchain adalah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain kini telah dimanfaatkan oleh berbagai...

Mengapa Bitcoin Cash Diciptakan dan Apa Kelebihannya?

Bitcoin (BTC) menjadi semakin populer, namun waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi BTC menjadi semakin lama. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi...

Apa itu Ethereum? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Duniablockchain.com - Mengapa Ethereum menjadi cryptocurrency kedua paling populer setelah Bitcoin? Pada dasarnya Bitcoin merevolusi industri pembayaran, namun Ethereum memiliki motif yang...