Pemula Wajib Tau! 5 Perusahaan Berbasis Blockchain di Indonesia

Blockchain adalah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain memang identik dengan Bitcoin aset digital yang pertama diciptakan.

Blockchain adalah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain memang identik dengan Bitcoin aset digital yang pertama diciptakan.

Penggunaan blockchain sebagai teknologi di balik bitcoin dianggap inovasi karena dapat menghadirkan sistem pembayaran P2P. Dengan blockchain pengguna untuk tidak menggunakan pihak ketiga sehingga bisa memangkas biaya transaksi. Catatan setiap transaksi disebar secara terbuka di komputer yang terkait dengan jaringan mata uang digital yang bersangkutan.

Namun, blockchain tidak melulu soal bitcoin atau aset digital lainnya. Dalam penerapannya, blockchain bisa digunakan untuk proyek di industri telekomunikasi, pengawasan lingkungan, transportasi, perbankan, exchange, agrikultur, kesehatan, bahkan pemerintahan. Blockchain dianggap bisa mengubah pola transaksi di masa mendatang dan gaya hidup kita.

Beberapa perusahaan di Indonesia mulai menggunakan blockchain

Karena manfaatnya yang sangat besar untuk berbagai sektor industri, penggunaan teknologi blockchain semakin berkembang di berbagai negara. Indonesia merupakan satu dari sekian banyak negara yang mulai melirik proyek Blockchain untuk diterapkan di beberapa sektor.

Blockchain

Tren positif ini juga didukung ada berdirinya sejumlah startup berbasis Blockchain di Indonesia. Paling tidak saat ini ada sejumlah startup berbasis Blockchain yang sudah cukup punya nama di Indonesia. Redaksi seputarblockchain akan menjelaskan lima perusahaan berbasis teknologi yang menawarkan sistem Blockchain sebagai layanannya. Perusahaan tersebut antara lain:

Ledger Now

Start up pertama yang bergerak di bidang blockchain adalah Ledger Now. Start up ini didirikan oleh Leonargus Gazali yang berperan sebagai Founder. Ledger Now sudah berkiprah di dunia blockchain sejak 2 tahun lalu, tepatnya sejak pertama kali didirikan pada tahun 2017 yang lalu.

Segmen pasar dari Ledger Now sendiri adalah korporasi dan enterprise. Tujuan utamanya yaitu untuk membantu korporasi atau perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan bisnis melalui pengembangan jaringan blockchain. Ledger Now berharap akan terciptanya efisiensi biaya dan waktu setelah diterapkannya teknologi blockchain di perusahaan.

Sejauh ini, klien yang ditangani oleh Ledger Now rata-rata berasal dari tiga bidang yaitu industri jasa keuangan, healthcarem dan supply chain. Jumlah klien yang sudah menjalin kerja sama dengan start up satu ini sudah mencapai lebih dari 20 perusahaan.

Ledger Now memasang tarif sekitar $1-5 untuk setiap transaksi.

Blockchain Zoo

Perusahaan yang berbasis di Bali ini menawarkan jasa dan workshop bagi perusahaan yang ingin menerapkan Blockchain dalam bisnisnya. Hal ini juga termasuk training menyeluruh untuk pelaksanannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing klien.

Berbagai hal yang diajarkan antara lain antifraud, compliance, bussiness progress, supply chain, termasuk melacak transaksi di dark web. Startup yang mengembangkan bisnisnya di seluruh wilayah Asia Tenggara ini menyebutkan saat ini paling tidak sudah melayani 30 klien dalam berbagai skala sejak didirikan tahun 2017.

Corechain

Startup lokal ini memberikan layanan untuk masalah sistem Blockchain mulai dari pengembangan, operasional, hingga soal keamanannya. Perusahaan ini menyediakan diri sebagai operator sistem Blockchain bagi perusahaan yang ingin mengadopsi cara ini tanpa repot melakukan pengadaan SDM.

Keunggulannya adalah sistem yang open platform sekaligus private sehingga keamanannya terjamin. Paling tidak perusahaan ini sudah menjadi mitra dari PT Antam Indonesia dan PT Pos Indonesia khususnya untuk mengembangkan layanan remitansi digital.

Block Tech

Block Tech menyediakan layanan pengembangan dan consulting untuk sistem berbasis Blockchain. Skala perusahaan ini juga sudah sangat luas, karena meliputi berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Perusahaan ini juga dikenal karena progresnya dalam menciptakan lingkungan Blockchain di kawasan Asia Tenggara di berbagai bidang.

Selain itu, salah satu yang paling dikenal adalah penyediaan coworking space bernama blockchain space bermitra dengan Unionspace. Ruang kerja tersebut dimaksud sebagai wadah bagi pihak yang ingin mendaparkan info Blockchain lebih banyak dan ikut berpartisipasi mengembangkannya.

OnlinePajak

OnlinePajak sebagai penyedia solusi perpajakan, mengadopsi teknologi blockchain di Indonesia. Dengan teknologi ini, mereka berharap dapat menyederhanakan beban administrasi perusahaan, sekaligus membuat transaksi yang dilakukan melalui OnlinePajak menjadi lebih transparan lagi.

Masing-masing pihak akan memiliki catatan dari setiap proses dan dapat saling mengecek keberlangsungan pembayaran pajak. Namun, data wajib pajak dapat tetap dijamin kerahasiaannya karena OnlinePajak tetap dapat memilih data-data apa saja yang akan dimasukkan dalam jaringan yang mereka buat.

Sejak tahun 2015, OnlinePajak yang merupakan aplikasi alternatif Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah membantu lebih dari 500 ribu wajib pajak termasuk individu dan badan. Puncaknya, OnlinePajak berhasil mengelola Rp 43 triliun pajak pada akhir tahun 2017.

Kelima korporasi rintisan tersebut adalah perusahaan berbasis. Kedepannya akan lebih banyak lagi bisnis di Indonesia yang akan menggunakan blockchain. Teknologi ini harus segera diimplementasikan karena merupakan salah satu teknologi yang krusial dalam mendukung efisiensi dan transparansi sehingga Indonesia dapat mengantisipasi perubahan dunia yang sangat cepat.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Vaksin COVID-19 Dapat Ditemukan Lewat Blockchain

Duniablockchain.com - Saat ini para ilmuwan di seluruh dunia sedang berlomba-lomba untuk menemukan vaksin COVID-19. Berbagai teknologi...

Blockcain Dapat Atasi Krisis Akibat COVID-19

Duniablockchain.com - Krisis akibat COVID-19 sangat nyata dialami banyak negara di dunia. Pandemi COVID-19 telah berdampak bagi...

Bagaimana Teknologi Blockchain Memengaruhi Industri Perbankan?

teknologi blockchainDuniablockchain.com - Blockchain adalah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain kini telah dimanfaatkan oleh berbagai...

Mengapa Bitcoin Cash Diciptakan dan Apa Kelebihannya?

Bitcoin (BTC) menjadi semakin populer, namun waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi BTC menjadi semakin lama. Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi...

Apa itu Ethereum? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Duniablockchain.com - Mengapa Ethereum menjadi cryptocurrency kedua paling populer setelah Bitcoin? Pada dasarnya Bitcoin merevolusi industri pembayaran, namun Ethereum memiliki motif yang...